Kamis, 07 Januari 2010

keyboard, mouse dan scanner

KEYBOARD
Keyboard merupakan salah satu alat masukan yanhg paling banyak digunakan dalam sistem komputer. Keyboard dihubungkan dengan komputer menggunakan sebuah kabel atau tanpa kabel (menggunakan sinar infra merah). Jika menggunakan kabel, maka ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.



MOUSE
Mouse merupakan alat penunjuk (pointer) yang dapat digerakkan ke mana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat pada bagian dalam mouse. Mouse memiliki dua macam pengendali gerak, yaitu pengendali gerakan horizontal dan pengendali gerakan vertikal. Kedua pengendali tersebut dapat bergerak bebas, baik horizontal maupun vertikal. Bola kecil didalam mouse berfungsi untuk menggerakkan pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah gerakan mouse.sebagian besar mouse memiliki tiga tombol, yaitu tombol kiri, tengah dan kanan. Tetapi umumnya hanya dua tombol saja yang berfungsi, yaitu tombol kiri dan kanan.
Penekanan tombol mouse disebut click, sedangkan pergerakan penunjuk mouse disebut drag. Click pada area atau objek tertentu di monitor akan memberikan efek, sedangkan click diluar area atau objek akan diabaikan. Apabila tombol kiri mouse ditekan dan kemudian digeser (tanpa melepaskannya), maka salah satu akibatnya objek tersebut akan berpindah ke objek lain atau kemungkinan lainnya. Kemungkinan ini tergantung pada aplikasi yang dijalankan. Mouse dihubungkan dengan komputer menggunakan kabel atau tanpa kabel (menggunakan sinar infra merah). Jika menggunakan kabel, maka ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.



SCANNER
Scanner merupakan alat masukan yang memiliki fungsi mirip dengan mesin fotocopy. Data yang diambil dengan scanner bisa dimasukkan secara langsung kedalam aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII. Ukuran, teknologi yang digunakan, dan resolusi scanner dapat berbeda-beda. Scanner bekerja pada resolusi warna 1-bit (binary digit), 8-bit (256 warna), atau 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Semakin besar resolusi scanner akan memberikan hasil yang lebih baik.
Ketika proses scan dimulai, maka yang terjadi adalh sbb:
1. Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner.
2. Mesin yang terletak dalam scanner mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
3. Unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai kemudian memulai scanning. Nyala lampu yang pada scanner menandakan bahwa scanning telah dimulai.
4. Setelah selesai, lampu akan mati dan hasilnya dapat diliha di monitor komputer.

Scanning warna oleh scanner dapat dilakukan dengan cara yang berbeda sebagai berikut.
1. Satu kali scanning dan kemudian menyimpannya saat itu saja. Scanner jenis ini bekerja cepat, tetapi kurang baik untuk reproduksi warna.
2. Tiga kali scanning warna dan kemudian menyimpannya dalam warna merah, hijau dan biru. Scanner jenis ini bekerja lebih lambat, tetapi hasilnya jauh lebih baik untuk reproduksi warna.
Scanner dihubungkan dengan komputer menggunakan kabel koneksi paralel dan dihubungkan ke power listrik menggunakan kabel yang dilengkapi dengan AC Adaptor.

0 komentar:

 

Information Technology Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon